6 Ras Kucing-Kucing Berbulu Cantik

Hal pertama apa yang membuat kamu akhirnya jatuh hati dengan binatang yang satu ini, kucing? Satu dari sekian banyak alasan tentu karena bulunya yang cantik bukan? Ya, bulu pada kucing merupakan daya tarik yang tidak bisa dihindarkan, sama halnya pakaian yang kita kenakan. Makin unik, tentu akan makin menarik. Apalagi jika ditambah dengan tingkahnya yang atraktif, pasti akan sangat menggemaskan.

Selain kucingnya, tak sedikit juga aksesorinya yang dibuat dengan motif dan bentuk yang sama lucunya, seperti ragam bentuk dari litter box kucing yang makin kesini bukan hanya kotak atau bulat, tapi juga bentuk lain yang unik.

Sebagai penggemar kucing, tentu kamu tahu dong ada berapa banyak ras kucing yang memiliki bulu cantik sebagai pesonanya? Jika kamu masih kebingungan dengan nama jenis ras kucing-kucing berbulu cantik tersebut, yuk kita kenal lebih dekat dengan mereka lewat ulasan di bawah ini!

Abyssinian

Menjadi salah satu ras kucing berbulu pendek terpopuler di Amerika Serikat, nama dari Abyssinian merupakan saduran dari bahasa Ethiopia yang merupakan negara tempat ras kucing ini berasal. Ras Abyssinian sendiri diketahui menjadi ras kucing tertua di dunia karena pertama kali ditemukan saat zaman Mesir kuno.

Di masanya tersebut, ras kucing Abyssinian dianggap sebagai ras kucing keramat dan memiliki nilai mistis. Bangsa mesir sendiri mengutuk perdagangan kucing ini saking dihormatinya, bahkan sampai membangun kuil sebagai tempat pemujaan untuk kucing Aby.

Russian Blue

Masih dari kelompok kucing berbulu pendek, Russian Blue atau yang dikenal juga dengan nama Archangel Blue ini merupakan ras kucing yang berasal dari Arkhangelsk, Rusia. Nama bluenya didapatkan dari warna yang bulu abungnya yang cenderung kebiruan. Dengan bola mata berwarna hijau, menjadikannya sebagai pemburu yang dapat diandalkan untuk menangkap burung, kelinci, maupun reptile berukuran kecil.

Russian Blue menjadi salah satu ras kucing terfavorit yang diinginkan pencinta kucing sebagai peliharaannya. Karen bulunya yang pendek, perawatan yang ia butuhkan pun termasuk yang simpel dan tidak membutuhkan hal khusus.

Selain karena keindahanbulunya, beberapa mungkin menjadikan Russian Blue sebagai peliharaan karena kesensitifitasan Russian Blue terhadap emosi yang dirasakan oleh pemiliknya.

Scottish Fold

Memiliki tampilan yang unik seperti burung hantu, ras kucing yang berasal dari Skotlandia ini dulunya disebut dengan nama Flops (singkatan dari Floppy ears) yang kemudian namanya berubah menjadi Scottish Fold sejak tahun 1966 sampai sekarang.

Ciri unik yang disebut di awal pada kucing Scottish Fold adalah bentuk telinganya yang terlipat, membuat kelucuannya makin meningkat.

Banyak pemilik kucing Scottish mengaku sangat senang memelihara kucingnya karena Scottish Fold ini merupakan kucing jinak yang lekat dengan pemiliknya. Memiliki kebiasaan tidur telentang, kucing ini juga dikenal tidak rewel, ramah, dan tenang. Saat dalam posisi tidurnya, terkadang ia akan mengeluarkan suara dengkuran sepertimu.

British Shorthair

Belum habis dari jenis kucing berbulu pendek, kali ini datang dari Eropa tepatnya Inggris. British Shorthair merupakan kucing yang diketahui menjadi ras kucing tertua di Inggris, mungkin juga di dunia. Perawakan tubuhnya yang padat, kuat, berotot, serta ukuran bahu dan panggul yang cukup lebar membuatnya terlihat gagah.

Selain itu, ia juga memiliki kepala budar dan lebar dengan leher cenderung pendek, membuatnya terlihat gempal.

British Shorthair akan cocok dijadikan teman olehmu yang suka memelihara kucing dengan kepribadian yang tidak hiperaktif. Karena ia merupakan jenis kucing yang tenang yang sangat cocok menjadi kucing rumahan.

American Bobtail

Pembiakan ras ini berawal dari Sanders dan pasangannya yang menemukan seekor kucing bobtail di bagian selatan Arizona yang kemudian mereka kawinkan dengan kucing betina lain. Saat itulah hampir semua anak kucing yang lahir memiliki ekor pendek seperti pejantan bobtail tersebut.

Meski sekilas terlihat sama, American bobtail dan Japanesse bpbtail tidak memiliki asal-usul genetic yang sama. American bobtail memiliki ukuan tubuh medium yang terlihat kekar, padat, dan berisi. Kucing jenis ini mengalami pubernya di usia sekitar 2-3 tahun.

Karena kecenderungan mereka untuk aktif dan bermain, mereka akan sangat cocok dipelihara oleh pemilik yang juga suka aktifitas fisik. Kucing ini juga ramah, mudah bersahabat, dan termasuk kucing cerdas. Ia akan dengan mudah melepaskan diri dari kandang atau ruang tertutup.

Balinese (Siamese Longhair)

Balinese merupakan jenis yang sama dengan kucing siam, yang membedakan antara keduanya adalah panjang bulunya. Kedua ditemukan dan ada di waktu yang hampir bersamaan. Namun, di awal pembiakannya Balinese dianggap sebagai sebuah keanehan dan dijual menjadi hewan peliharaan biasa, yang akhirnya sekitar tahun 50an, antara Siamese dan Balinese dianggap ras terpisah.

Meski begitu, variasi warna yang dimiliki Balinese ini sama seperti yang ada pada Siamese, yaitu seal point, blue point, chocolate point, dan lilac point.

Balinese merupakan tipe kucing aktif yang sangat suka mengekor ke mana pun pemiliknya pergi. Ia juga dikenal sebagai kucing yang sangat suka berinteraksi dan bermain. Selain itu, ia juga merupakan kucing pemberani yang meyukai tempat tinggi.

Bagaimana cantik-cantik bukan? Dengan tampilan seperti itu, perawatan yang harus dikeluarkan pun juga harus terbaik, terutama hal yang sedikit sensitive yang berhubungan dengan sanitasinya seperti pasir kucing. Untuk itu, jangan sampai salah pilih distributor pasir kucing yang justru nantinya membuatnya jadi alergi dan mengalami penyakit akibat virus dan bakteri. Intinya, kamu sebagai pemilik harus cermat saat memilih kebutuhan dari kucingmu!