Ketika Tuntutan Pekerjaan Membutuhkan HT (Handy Talky) Jarak Jauh

Ketika Tuntutan Pekerjaan Membutuhkan HT (Handy Talky) Jarak Jauh

Dalam dunia kerja, mode komunikasi menggunakan fitur chat dan pesan singkat menggunakan smartphone masih menjadi favorit. Keleluasaan dalam membuat grup chat terasa memudahkan komunikasi pekerjaan.

Ada kalanya tuntutan pekerjaan membutuhkan frekuensi pelaporan yang bersifat sering dan real-time. Kondisi ini disebabkan keharusan membuat keputusan secara cepat dan cenderung bersifat last minute call. Sebuah kondisi yang membutuhkan HT (Handy Talky) jarak jauh.

Konstruksi

Gambar: marketeers.com

Memperlancar Komunikasi

Banyak pekerjaan yang bergantung pada aspek koordinasi dan komunikasi. Beberapa diantaranya seperti: pekerjaan di bidang konstruksi dan properti, supermarket, rumah sakit, hotel, pekerja lapangan, instansi regu penolong, security, event organizer, operator, dan pengawas.

1.Konstruksi dan Properti

Bisnis konstruksi dan properti yang bergantung pada informasi ketersediaan material dan tenaga tukang memerlukan koordinasi yang cepat. Untuk meminimalisir terjadinya downtime (penghentian atau penundaan) pekerjaan, saat proses pembangunan banyak keputusan yang harus diambil saat itu juga.

2.Supermarket/Retail

Untuk bisa menyediakan beragam barang kebutuhan konsumen diperlukan adanya informasi status logistik di gudang secara real-time. Jika ternyata ada barang yang habis, kebutuhan harus cepat diinformasikan agar bisa segera dilakukan pemesanan ke supplier.

3.Rumah Sakit

Pelayanan jasa rumah sakit membutuhkan jalur komunikasi yang efisien karena menyangkut nyawa pasien. Update kebutuhan informasi sangat beragam; seperti jumlah ruang inap yang available atau ketersediaan dokter dan perawat.

4.Hotel

Mulai dari front desk sampai laundry room, manajemen hotel memerlukan HT (Handy Talkie) jarak jauh untuk bertukar informasi. Terlebih di hotel berbintang, permintaan tamu hotel harus dilayani secepat mungkin. Seperti memesan makanan di tengah malam, meminta penggantian handuk bersih, atau minta dicarikan taksi dalam waktu 10 menit.

5.Pekerja Lapangan

Di daerah perkebunan atau pertambangan yang terpencil, akan sulit berkomunikasi jika hanya mengandalkan jaringan telepon seluler. Ini sangat berisiko bagi kelancaran pekerjaan lapangan di kedua industri ini; karena banyak hal, seperti pengaturan kerja tenaga harian, penentuan rute perjalanan, atau pengambilan keputusan lainnya yang perlu dilakukan segera.

6.Instansi Regu Penolong

Regu penolong darurat seperti tim SAR (Search and Rescue), PMI (Palang Merah Indonesia), dan kepolisian sangat mengandalkan HT jarak jauh untuk berkomunikasi tanpa jeda. Koordinasi dan kerjasama antar instansi perlu dilakukan seringkas mungkin untuk menghindari jatuhnya korban jiwa.

7.Security

Bertanggung jawab terhadap keamanan perusahaan, tim security merupakan salah satu pihak dengan kebutuhan komunikasi terpenting. Ditambah lagi, mereka berkewajiban untuk melakukan pelaporan dengan frekuensi yang sering dan real-time.

8.Event Organizer

Event organizer (EO) butuh jalur komunikasi yang baik untuk memastikan kelancaran acara. Smartphone sulit diandalkan karena sinyal telepon cenderung menjadi jelek di tempat ramai. Beberapa hal yang perlu diperhatikan EO selama acara, misalnya ketersediaan konsumsi tamu, atau kebutuhan peserta seminar seperti handout dan absensi; perlu segera diatasi ketika menghadapi kendala untuk memastikan kelancaran acara.

Security

Gambar: smallbiztrends.com

MOTOTRBO™ : Solusi Komunikasi untuk Bisnis dan Industri

Menjawab tuntutan pekerjaan bisa dimulai dengan penyediaan media komunikasi selain telepon seluler yang bergantung pada pulsa dan kestabilan jaringan. HT jarak jauh sudah lazim digunakan dalam bisnis dan industri untuk memastikan komunikasi yang efektif.

Motorola Solutions menyediakan dua pilihan perangkat HT jarak jauh, yaitu MOTOTRBO™ dan TalkAbout.

MOTOTRBO™ merupakan HT yang membutuhkan license dalam pemakaiannya. Perangkat MOTOTRBO™ tergolong friendly user, ringan, serta dilengkapi desain solid yang nyaman digenggam. Bisa dioperasikan secara hands-free, perangkat ini cocok digunakan untuk Anda yang bekerja dengan loud audio. Selain itu, keunggulan noise cancellation mampu menghasilkan suara yang jernih meski dalam suasana kerja bising, seperti di ruangan mesin. Dengan pemakaian mencapai 28 jam, MOTOTRBO™ memberi Anda keleluasaan berkomunikasi sehari penuh tanpa terkendala pergantian shift kerja.

Bahkan dalam lingkungan pekerjaan ekstrem, perangkat MOTOTRBO™ terjamin anti air (waterproof IP67) dan tahan api (HazLoc model). Beberapa contoh perangkat MOTOTRBO™ yang suitable untuk Anda gunakan dalam dunia kerja adalah seri XiR P6600i dan XiR P8600i.

Sedangkan pengoperasian TalkAbout bermaterikan radio PMR446 yang tidak membutuhkan license. Perangkat TalkAbout tergolong praktis dan ringan digenggam, karena beratnya tidak sampai 200 gram. Kepraktisan juga berwujud dalam penggunaan dual power, dimana TalkAbout bisa menggunakan baterai AA standar dan baterai NiMH 800 mAH (pemakaian sampai 18 jam) yang bisa di-charge. Aksesori baterai dan alat charger sudah termasuk dalam paket pembelian. Perangkat ini memiliki 16 channels dan dilengkapi fasilitas pairing, sehingga memudahkan komunikasi dalam bentuk group call.

TalkAbout bisa digunakan secara hands-free, dengan jarak jangkauan sampai 10 km. Aktivitas pekerjaan di malam hari bukan menjadi halangan dengan adanya built-in senter LED yang bisa difungsikan sebagai lampu emergency. Salah satu contoh perangkat TalkAbout yang direkomendasikan adalah T82.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai keunggulan perangkat radio dua arah profesional MOTOTRBO™ dan TalkAbout, segera hubungi Motorola Solutions Excellence Centre pada tautan ini.