PERAWATAN LENGKAP UNTUK MAWAR AGAR TUMBUH LEBAT


Seperti yang sering kita dengar dari lirik lagu yang fenomenal. “Bunga mawar merah, satu tanda cinta.” Hal ini dapat diartikan bahwa bunga mawar memiliki posisi cukup penting di masyarakat, yang tak hanya sebagai bunga untuk hiasan baik itu ruangan, acara, atau event penting lainnya, tapi juga sebagai pengungkap perasaan khususnya perasaan cinta.

Mawar merupakan salah satu dari jenis tanaman genus rosa yang bisa juga dikategorikan ke dalam kelompok semak berduri yang bisa tumbuh sekitar 2 sampai 5 meter tingginya. Bunga mawar ini sebenarnya memiliki lebih dari sekitar 100 spesies, di mana kebanyakan dari spesienya akan dengan mudah ditemui di belahan dunia bagian utara yang beriklim sejuk.

Pada bisnis toko bunga sendiri, mawar memang masih menjadi primadona ditunjukkan dari banyaknya permintaan entah itu papan bunga, karangan bunga, maupun hand bouqet dengan bunga mawar sebagai fokus utama dari setiap rangkaian tersebut.

Namun harganya yang cukup mahal kadang jadi pertimbangan sendiri buat Anda. Inilah yang akhirnya menginisiasi Anda untuk mencoba menanam sendiri bunga mawar di pekarangan rumah. Setelah hampir beberapa waktu pojok pekarangan dibudidayakan mawar, tak terlihat tanda-tanda bunga tersebut akan segera mekar.

Jangan lantas putus asa, mungkin terdapat beberapa kesalahan yang terlewatkan selama perawatan Anda. Untuk itu, berikut merupakan beberapa cara yang harus diperhatikan saat melakukan perawatan terhadap mawar agar cepat berbunga.

Cukup sinar

Seperti halnya tumbuhanlain, mawar akan tumbuh dengan baik jika mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup. Karena sinar matahari merupakan unsur penting yang memengaruhi proses mekarnya bunga termasuk juga bunga mawar.

Bersih dari gulma

Sifatnya sebagai pengganggu, akan membuat mawar Anda tumbuh menjadi tidak sehat. Hal ini agar penyerapan unsur hara dan pupuk yang Anda berikan dapat diserap dengan optimal oleh bunga mawar, sehingga rutin menyiangi gulma merupakan salah satu faktor tumbuh lebat atau tidaknya bunga mawar Anda.

Rutin siram

Idealnya mawar disiram setiap dua kali sehari, yaitu pagi hari dan sore hari. Namun, jika masuk musim penghujan, coba sesuaikan jadwal penyiraman. Anda juga bisa mencoba untuk memberikan air bekas cuci beras untuk menyiram mawar, yang dikatakan bagus untuk pertumbuhan bunga mawar.

Jadwal Pemupukan

Jangan lupa untuk memberikan pupuk pada mawar yang Anda tanam. Pupuk ini akan membantu mawar mendapatkan unsur hara yang cukup selain yang ia dapatkan dari tanah. Pilih pupuk yang mengandung unsur hara lengkap, fosfor, nitrogen, dan kalium yang selain membantu tumbuh mekar bunga lebih lebat juga akan membangun kekebalan terhadap hama dan penyakit tanaman.

Pangkas bagian dahan berlebih

Pertumbuhan bunga pada mawar akan lebih cepat jika dahannya tidak terlalu banyak. Karena fotosintesis pada mawar yang memiliki dahan terlalu banyak hanya akan difokuskan untuk menumbuhkan daun saja sehingga bunganya akan jarang tumbuh.

Pengendalian hama serta penyakit

Hal yang harus selalu Anda ingat, tidak hanya saat Anda merawat tanaman bunga mawar saja, tetapi untuk semua jenis tanaman yang Anda miliki adalah bagaimana cara untuk mengendalikan hama serta penyakit yang kemungkinan akan datang menyerang tanaman tersebut. Menyemprotkan insektisida pada bagian dahan dan daunnya bisa jadi usaha preventif untuk menghindarkan mawar dari serangan hama seperti ulat misalnya.

Tapi, meski baik, penyemprotan insektisida ini tak diperlukan bila tanda-tanda hama tidak ada, seperti daun berlubang atau bercak putih atau hitam pada bagian daun dan dahannya.

Cara di atas merupakan beberapa cara dasar yang perlu Anda perhatikan saat merawat tanaman terutama bunga mawar agar pertumbuhan bunganya lebih cepat dan lebat, entah untuk mawar merah, putih, kuning, atau warna lain yang Anda miliki sehingga tampilannya seindah bunga rangkaian yang sering Anda temui di toko bunga di Bogor.